Home » » Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami

Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami

Written By Ahmad on Minggu, 10 Agustus 2014 | 05.39

Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami

Apa itu Penyakit Asam Urat?

Dalam istilah medisnya penyakit ini disebut dengan nama gout merupakan yaitu penyakit yang disebabkan oleh adanya penumpukan asam urat berlebih di dalam tubuh yang tidak mampu tidak mampu dikeluarkan oleh ginjal sehingga menyebabkan kristal asam urat menumpuk di bagian persendian tubuh kita.


Penyebab-penyebab penyakit asam urat


Cara mengobati asam urat secara alami  perlu mengetahui penyebab penyakit yang sedang di deritanya adapun penyebabnya adalah mengkonsumsi zat-zat yang mengandung purin secara berlebihan, zat purin ini banyak di hasilkan dari daging-dagingan. Purin yang terkandung dalam daging akan di rubah dan di susun kembali menjadi protein-protein tubuh, inilah cara tubuh memperoleh gizi dari daging, proses pengubahan purin ini melibatkan enzim HGPRT. Jika tubuh kekurangan atau mengalami defisiensi enzim ini jumlah purin dalam tubuh akan menumpuk, purin yang tidak di terpakai pada akhirnya akan di ubah menjadi asam urat dalam jumlah besar.

Secara alami asam urat berada dalam darah sebagai hasil samping pemecah sel, karena tubuh memecah dan membentuk sel baru secara teratur, faktor luar terutama asupan makanan atau minuman ke dalam tubuh, makanan yang mengandung karbohidrat, protein dan selulosa yang masuk kedalam tubuh akan melalui proses kimiawi untuk menghasilkan energi, jika sumber energi terlalu banyak mengandung purin maka asam urat akan menumpuk.

Tips Mengatasi Penyakit Asam Urat

Adapun beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengurangi dan menyembuhkan asam urat adalah sebagai berikut :
  • Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung potasium tinggi seperti pisang, kentang dan lain sebagainya
  • Konsumsi buah yang mengandung banyak vitamin C, seperti jeruk, strawberry, pepaya dsb.
  • Adapun Jenis buah dan sayuran yang dapat mengobati penyakit asam urat misalnya: buah naga, belimbing wuluh, jahe, labu kuning, sawi , serai dsb.
  • Perbanyak konsumsi makanan berkarbohidrat seperti nasi, singkong, ubi dsb.
  • Kurangi konsumsi makanan seperti gula, permen, arum manis dsb.
  • Jangan terlalu sering minum aspirin jika sakit kepala
  • Hindari bekerja terlalu keras hingga mengakibatkan kelelahan
  • Untuk anda yang kegemukan (obesitas), biasanya kadar asam urat cepat naik tapi pengeluaran sedikit, menurunkan berat badan bisa menjadi solusinya diantanya dengan rajin melakukan olahraga yang cukup.
  • Akan lebih baik lagi jika asupan energi disesuaikan dengan kebutuhan tubuh, misalnya berdasarkan tinggi dan berat badan anda.
Mengobati asam urat secara alami /  tradisional  sebaiknya mengkonsumsi air putih yang banyak karena air putih dapat membantu mengeluarkan kristal asam urat dari dalam tubuh dan juga konsumsilah kentang, yoghurt, pisang, jeruk, trawberry, buah naga, belimbing wuluh, jahe, sereh, labu kuning, sawi putih, tomat dan makanan yang mengandung karbohidrat seperti nasi, singkong, ubi dan roti.

Pantangan bagi penderita asam urat


Mengobati asam urat secara alami  sebaiknya memperhatikan pantangan-pantanganya agar tidak memperparah penyakit ini atau menghindarinya selagi masa pengobatan agar bisa mencapai kesembuhan adapun pantanganya adalah sebagai berikut : jeroan seperti babat, usus paru dan lain-lain, abon, dendeng, makan kalengan, dading sapi, kambing, kuda, bebek, kacang kedelai, kacang tanah, kacang hijau, emping, kubis, bayam, kangkung, buncis, daun singkong, daun pepaya, es krim, keju, telur makanan yang banyak mengandung protein dan lemak.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : life style | hidup sehat | tips sehat
Copyright © 2013. Mulailah Hidup Sehat - All Rights Reserved
Template Created by M.A.Z Published by Mohammad Zuhri
Proudly powered by Blogger Shared by BLOG-ADS